Irban Wilayah

Berdasarkan Peraturan Bupati Kendal Nomor 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Pada Inspektorat Kabupaten Kendal, Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, IV berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Inspektur.

Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, IV mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan di wilayahnya.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana Inspektur Pembantu Wilayah mempunyai fungsi : 

  1. pengusulan program pengawasan di wilayahnya;
  2. pengelolaan tugas dan fungsi, keuangan barang, kepegawaian terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
  3. pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  4. pelaksanaan reviu rencana kerja anggaran;
  5. pelaksanaan reviu laporan keuangan pemerintah daerah;
  6. pelaksanaan reviu laporan kinerja instansi pemerintah;
  7. pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah;
  8. pelaksanaan pemeriksaan pengaduan masyarakat, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan terpadu, pemeriksaan hibah/bantuan sosial;
  9. pemantauan dan pengawalan pelaksanaan reformasi birokrasi;
  10. pengawasan dalam rangka percepatan menuju good governance, clean goverment dan pelayanan publik;
  11. penyusunan pedoman/standar di bidang pengawasan;
  12. pelaksanaan koordinasi program pengawasan;
  13. pelaksanaan pendampingan, asistensi dan fasilitasi kepada SKPD;
  14. pelaksanaan tugas pembantuan dan alokasi dana desa; dan
  15. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di wilayahnya .

 

Rincian tugas : 

  1. menyusun rencana dan program kegiatan Inspektur Pembantu Wilayah berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. menjabarkan perintah pimpinan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien;
  3. membagi tugas bawahan sesuai dengan jabatan dan kompetensinya serta memberikan arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait baik vertikal maupun horizontal untuk mendapatkan informasi, masukan, serta dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi pelaksanaan tugas;
  5. menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan sesuai lingkup tugasnya sebagai bahan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan;
  6. menyiapkan konsep kebijakan Inspektur dan naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan Inspektur Pembantu Wilayah;
  7. melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris, Inspektur Pembantu, dan Pejabat Fungsional Pengawasan di lingkungan Inspektorat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  8. menyiapkan bahan fasilitasi dan pengoordinasian kegiatan penyelenggaraan urusan pemerintahan di wilayah agar pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara efektif dan efisien;
  9. melaksanakan pemeriksaan berkala dan terpadu serta pengujian laporan di wilayahnya dalam rangka menuju penyelenggaraan tata permerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih;
  10. melaksanakan klarifikasi atas kebenaran laporan indikasi terjadinya penyimpangan penyelenggaraan urusan pemerintahan di wilayahnya;
  11. melaksanakan pemeriksaan berkala dan terpadu serta pengujian laporan di wilayahnya  dalam rangka menuju penyelenggaraan tata permerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih;
  12. melaksanakan pemeriksaan pengaduan masyarakat, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan terpadu, pemeriksaan hibah/bantuan sosial;
  13. melaksanakan reviu RKA SKPD, Reviu LKjIP dan Reviu LKPD sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  14. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Inspektur Wilayah dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun untuk bahan laporan dan kebijakan tindak lanjut;
  15. mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  16. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan;
  17. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan baik lisan maupun tertulis berdasarkan kajian agar kegiatan berjalan lancar serta untuk menghindari penyimpangan; dan
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain dari pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerjanya.

 

AGENDA KEGIATAN

Kamis, 19 Oktober 2017
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH T.A. 2017

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya
Sabtu, 15 September 2018
Kendal Expo 2018

Pameran pembangunan Expo 2018 yang rencananya akan dihelat pada 15 hingga 21 September 2018 mendatang, pelaksanaannya diharapkan bisa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya

Selengkapnya
Rabu, 31 Oktober 2018
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH TAHUN 2018

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya

BERITA TERBARU

 
Senin, 29 Juli 2019 14:42:10
KUNJUNGAN KERJA UPP KABUPATEN KENDAL KE KOTA CIREBON

KENDAL (22/7) - Bertempat di Aula Inspektorat Kota Cirebon, telah diselenggarakan Sharing Informasi terkait Pelaksanaan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Ke Kota Cirebon yang diikuti oleh 17 orang peserta terdiri dari...

Selengkapnya
 
Senin, 29 Juli 2019 14:35:19
UPP KABUPATEN KENDAL SERIUS DALAM MENANGANI PUNGUTAN LIAR

Bertempat di Aula Polres Kabupaten Kendal, telah diselenggarakan Rapat Koordinasi Saber Pungli Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Kendal tahun 2019 yang diikuti oleh 35 orang peserta terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Kodim...

Selengkapnya
 
Selasa, 07 Mei 2019 10:24:41
Workshop Evaluasi dan Penyusunan Dokumen RTP SPIP Kabupaten Kendal

KENDAL (2/5) - Bertempat di OR 2 Ex. Gedung Korpri Kabupaten Kendal, diselenggarakan Workshop Evaluasi dan Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) yang diikuti oleh 25 orang peserta terdiri dari 5 OPD dan 20 Kecamatan...

Selengkapnya
 
Rabu, 06 Februari 2019 08:11:40
Kunjungan Kerja Inspektorat Kab. Berau Provinsi Kaltim

Pengawasan Pemeriksaan Inspektorat Kab. Kendal dan langkah-langkah kerja Pemeriksaan di Kabupaten Kendal

Selengkapnya

Statistik Pengunjung

27

Pengunjung hari ini
2

Pengunjung online
48859

Total Pengunjung
63878

Total Hit