Irban Wilayah

Berdasarkan Peraturan Bupati Kendal Nomor 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Pada Inspektorat Kabupaten Kendal, Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, IV berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Inspektur.

Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III, IV mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan di wilayahnya.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana Inspektur Pembantu Wilayah mempunyai fungsi : 

  1. pengusulan program pengawasan di wilayahnya;
  2. pengelolaan tugas dan fungsi, keuangan barang, kepegawaian terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
  3. pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  4. pelaksanaan reviu rencana kerja anggaran;
  5. pelaksanaan reviu laporan keuangan pemerintah daerah;
  6. pelaksanaan reviu laporan kinerja instansi pemerintah;
  7. pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah;
  8. pelaksanaan pemeriksaan pengaduan masyarakat, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan terpadu, pemeriksaan hibah/bantuan sosial;
  9. pemantauan dan pengawalan pelaksanaan reformasi birokrasi;
  10. pengawasan dalam rangka percepatan menuju good governance, clean goverment dan pelayanan publik;
  11. penyusunan pedoman/standar di bidang pengawasan;
  12. pelaksanaan koordinasi program pengawasan;
  13. pelaksanaan pendampingan, asistensi dan fasilitasi kepada SKPD;
  14. pelaksanaan tugas pembantuan dan alokasi dana desa; dan
  15. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di wilayahnya .

 

Rincian tugas : 

  1. menyusun rencana dan program kegiatan Inspektur Pembantu Wilayah berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. menjabarkan perintah pimpinan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien;
  3. membagi tugas bawahan sesuai dengan jabatan dan kompetensinya serta memberikan arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait baik vertikal maupun horizontal untuk mendapatkan informasi, masukan, serta dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi pelaksanaan tugas;
  5. menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan sesuai lingkup tugasnya sebagai bahan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan;
  6. menyiapkan konsep kebijakan Inspektur dan naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan Inspektur Pembantu Wilayah;
  7. melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris, Inspektur Pembantu, dan Pejabat Fungsional Pengawasan di lingkungan Inspektorat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  8. menyiapkan bahan fasilitasi dan pengoordinasian kegiatan penyelenggaraan urusan pemerintahan di wilayah agar pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara efektif dan efisien;
  9. melaksanakan pemeriksaan berkala dan terpadu serta pengujian laporan di wilayahnya dalam rangka menuju penyelenggaraan tata permerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih;
  10. melaksanakan klarifikasi atas kebenaran laporan indikasi terjadinya penyimpangan penyelenggaraan urusan pemerintahan di wilayahnya;
  11. melaksanakan pemeriksaan berkala dan terpadu serta pengujian laporan di wilayahnya  dalam rangka menuju penyelenggaraan tata permerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih;
  12. melaksanakan pemeriksaan pengaduan masyarakat, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan terpadu, pemeriksaan hibah/bantuan sosial;
  13. melaksanakan reviu RKA SKPD, Reviu LKjIP dan Reviu LKPD sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  14. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Inspektur Wilayah dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun untuk bahan laporan dan kebijakan tindak lanjut;
  15. mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  16. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan;
  17. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan baik lisan maupun tertulis berdasarkan kajian agar kegiatan berjalan lancar serta untuk menghindari penyimpangan; dan
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain dari pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerjanya.

 

AGENDA KEGIATAN

Kamis, 19 Oktober 2017
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH T.A. 2017

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya
Sabtu, 15 September 2018
Kendal Expo 2018

Pameran pembangunan Expo 2018 yang rencananya akan dihelat pada 15 hingga 21 September 2018 mendatang, pelaksanaannya diharapkan bisa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya

Selengkapnya
Rabu, 31 Oktober 2018
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH TAHUN 2018

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya

BERITA TERBARU

 
Senin, 19 April 2021 10:41:36
Pemutakhiran Data TLHP APF Tahun 2021 Semester ke 1 Inspektorat Provinsi

Pemutakhiran Data TLHP APF Tahun 2021 Semester ke 1 Inspektorat Provinsi Jawa Tengah di Kota Surakarta

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 09:13:00
Rapat Koordinasi Pelaporan MCP KPK Triwulan I Tahun 2021

Rapat Koordinasi Pelaporan MCP KPK Triwulan I Tahun 2021 di Ruang Kerja Sekda Kendal

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 09:04:16
Desk Tindak Lanjut LHP Inspektorat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Kendal

Desk Monev Tindak Lanjut LHP Inspektorat Provinsi Jawa Tengah atas temuan di Kabupaten Kendal bertampat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 08:26:47
Rapat Koordinasi Awal MCP KPK Tahun 2021

Rapat Evaluasi Pelaporan Tahun 2020 dan Program Kerja 2021 Pelaporan MCP KPK Tahun 2021

Selengkapnya

Statistik Pengunjung

63

Pengunjung hari ini
4

Pengunjung online
77111

Total Pengunjung
99546

Total Hit