BERITA TERBARU

Selasa, 07 Mei 2019 10:24:41

Workshop Evaluasi dan Penyusunan Dokumen RTP SPIP Kabupaten Kendal


KENDAL (2/5) - Bertempat di OR 2 Ex. Gedung Korpri Kabupaten Kendal, diselenggarakan Workshop Evaluasi dan Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) yang diikuti oleh  25 orang peserta terdiri dari 5 OPD dan 20 Kecamatan yaitu diantaranya Badan Penaggulangan  Bencana Daerah, Dinas Sosial, RSUD   dr. H. Soewondo,  Satuan Polisi Pamong Praja dan DAMKAR, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Kecamatan Kangkung, Kecamatan Ngampel, Kecamatan Cepiring, Kecamatan Pageruyung, Kecamatan Weleri, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Patean, Kecamatan Plantungan, Kecamatan Singorojo, Kecamatan Limbangan, Kecamatan Rowosari,  Kecamatan Gemuh, Kecamatan Boja, Kecamatan Ringinarum, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kecamatan Pegandon, Kecamatan Brangsong, Kecamatan Patebon, Kecamatan Kendal. Narasumber seluruhnya berasal dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Workshop RTP SPIP 2019

 

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Subag Perencanaan Inspektorat Kabupaten Kendal Mastur, S.E., M.M. menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Pemerintah  Nomor 60 tahun 2008 tentang SPIP, setiap instansi pemerintah wajib menerapkan SPIP dalam kegiatan organisasi. Salah satu penekanan dalam pengendalian internal adalah pengendalian risiko. Tujuan pelaksanaan Workshop Evaluasi dan Penyusunan RTP adalah untuk memberikan pemahaman dan menerapkan praktek implementasi terkait manajemen risiko dan peningkatan kualitas SDM perencana OPD dalam proses penyusunan RTP pada masing-masing OPD.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Kabupaten Kendal selaku Ketua Satgas SPIP Pemerintah Kabupaten Kendal dalam hal ini yang diwakilkan oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kendal Muslikh Harahap, S.H., M.M. menyampaikan penilaian risiko adalah suatu aktivitas yang dilaksanakan untuk memperkirakan suatu risiko dari suatu situasi yang bisa didefinisikan dengan jelas ataupun potensi dari suatu ancaman baik secara kuantitatif maupun kualitatif. "Penilaian risiko juga bisa diartikan sebagai proses pemeriksaan keamanan dengan suatu risiko tertentu. Skala prioritas risiko akan  diambil dan dihadapi dengan pembadingan rencana dengan tujuannnya, yaitu meningkatkan tujuannya organisasi," ujarnya.

Ketua Satgas SPIP Kabupaten Kendal dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kendal Muslikh Harahap, S.H., M.M. berharap seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal dapat menangani serta mengendalikan risiko yang mungkin timbul melalui identifikasi area-area yang rentan terhadap perubahan. Pemerintah Kabupaten Kendal belum sepenuhnya menerapkan manajemen berbasis risiko dalam menyusun perencanaan. Terbukti, hanya beberapa OPD yang menyusun RTP dan belum menyeluruh pada core utama OPD yang bersangkutan. Sehubungan dengan kondisi tersebut, Inspektorat Kabupaten Kendal menyelenggarakan workshop ini agar seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal dapat menyusun peta risiko dan sasaran program kegiatan yang telah dinilai risikonya dalam dokumen perencanaan kegiatan dan penganggaran. (y2n_insp)

 
Senin, 19 April 2021 10:41:36
Pemutakhiran Data TLHP APF Tahun 2021 Semester ke 1 Inspektorat Provinsi

Pemutakhiran Data TLHP APF Tahun 2021 Semester ke 1 Inspektorat Provinsi Jawa Tengah di Kota Surakarta

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 09:13:00
Rapat Koordinasi Pelaporan MCP KPK Triwulan I Tahun 2021

Rapat Koordinasi Pelaporan MCP KPK Triwulan I Tahun 2021 di Ruang Kerja Sekda Kendal

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 09:04:16
Desk Tindak Lanjut LHP Inspektorat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Kendal

Desk Monev Tindak Lanjut LHP Inspektorat Provinsi Jawa Tengah atas temuan di Kabupaten Kendal bertampat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal

Selengkapnya
 
Senin, 19 April 2021 08:26:47
Rapat Koordinasi Awal MCP KPK Tahun 2021

Rapat Evaluasi Pelaporan Tahun 2020 dan Program Kerja 2021 Pelaporan MCP KPK Tahun 2021

Selengkapnya
INDEKS BERITA

AGENDA KEGIATAN

Kamis, 19 Oktober 2017 00:00:00
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH T.A. 2017

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya
Sabtu, 15 September 2018 00:00:00
Kendal Expo 2018

Pameran pembangunan Expo 2018 yang rencananya akan dihelat pada 15 hingga 21 September 2018 mendatang, pelaksanaannya diharapkan bisa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya

Selengkapnya
Rabu, 31 Oktober 2018 00:00:00
RAPAT DINAS GELAR PENGAWASAN DAERAH TAHUN 2018

Inspektorat Kabupaten Kendal akan menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) di Pendopo Kabupaten Kendal

Selengkapnya

Statistik Pengunjung

65

Pengunjung hari ini
1

Pengunjung online
81365

Total Pengunjung
104568

Total Hit